ciri khas persia exotic shorthair

Mengenal Lebih Dekat Kucing Exotic Shorthair

Tidak hanya kulit manusia saja yang mendapat julukan exotic, tetapi juga julukan tersebut juga ditujukan untuk hewan yaitu kucing persia exotic. Lalu mengapa kucing jenis persia ini bisa disebut sebagai kucing exotic?  Ternyata karena kucing persia ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia silver dengan American Short Hair.  Tujuan awal dari perkawinan silang ini adalah untuk keanekaragaman genetik serta melengkapi kekurangan pada tipe dan bentuk badan dan tentunya agar dapat menghasilkan warna silver.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kucing Exotic Shorthair, kita akan bahas pada kesempatan kali ini.

Asal Usul Kucing Persia Exotic

Menurut Asosiasi Kucing Dunia (TCA), (The International Cat Association) Kucing Exotic Shorthair termasuk dalam kriteria kategori ras kucing Persia.

Namun menurut  Organisasi kucing CFA (Cat Francier’s Association)  Kucing Exotic Shorthair tidak termasuk dalam kriteria ras  kucing Persia.

Sekitar tahun 60-an, Seorang Juri dari (CFA) Cat Franciers Association  yang juga seorang pemilik American Short Hair (ASH) , menyarankan ide percampuran ras antara Persia dan ASH untuk memunculkan ras yang baru. Awal mulanya, percampuran ras ini banyak mendapatkan pro dan kontra, terutama penolakan. Pemilik kucing dengan ras persia  tidak mau menjual kucingnya kepada para penyuka exotic. Hingga akhirnya, penggemar exotic berusaha untuk mempertahankan dan memperkuat gen untuk bulu yang pendek, yaitu dengan melakukan perkawinan silang antara kucing yang mereka miliki dengan kucing British Shorthair, Russian Blue, dan Burnese.

Pesilangan yang dilakukan oleh para penggemar kucing exotic berhasil ditandai dengan didapatkannya kucing dengan gen bulu pendek yang dominan dan stabil. Setelah hal ini terjadi, barulah mereka mengawinkan kucing ini dengan kucing persia lagi agar didapat bentuk kepala dan badan seperti kucing persia.

Dan, akhirnya pada tahun 80-an CFA memberi izin perkawinan silang antara kucing exotic shorthair dengan kucing ras persia.

Dari hasil perkawinan silang  ini ternyata didapatkan kucing American Short Hair dengan ciri persia.  Ciri dari Kucing Persia Exotic ini terdapat pada bagian kepala yang lebih lebar dan bulat, lalu pada bagian hidung yang pesek, bagian telinga kecil. Sementara untuk bagian badannya lebih lebar dan lebat, serta memiliki bulu yang jauh lebih panjang dan tebal dari American Short Hair. Kucing jenis ini terlihat sangat menawan namun tidak menampilkan ciri kucing American Shor Hair yang sesungguhnya. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing ini menjadi populer.

 

Karakteristik Kucing Persia Exotic

karakteristik persia exotic short hair
nuoitrong123.com

Kucing Persia Exotic  memiliki sifat seperti kucing persia yang anggun dan tenang, namun kucing ini lebih aktif dan lincah, tidak seperti kucing persia pada umumnya. Kucing ini akan sering mengajak pemiliknya bermain karena memiliki rasa ingin tahu namun tidak sering mengeong. Sehingga cocok untuk para pemilik yang tinggal di apartermen karena tidak menimbulkan banyak suara. Tetapi kelincahan kucing ini juga tidak bisa diremehan karena mereka juga senang berburu tikus.

Kucing exotic ini merasa lebih senang jika berada didekat pemiliknya, tidak suka ditinggalkan sendirian, namun bukan bearti kucing yang manja. Hal ini terjadi karena mereka senang memperlihatkan rasa sayang dan kesetiaan mereka kepada para pemiliknya. Pemilik pun tidak perlu repot mengurus kucing ini, karena bulunya yang tidak sepanjang bulu kucing persia yang harus sering dirapikan, maka dalam hal perawatan kucing jenis ini akan lebih mudah. Kucing ini juga dapat berinteraksi baik dengan kucing lain bahkan anjing sekalipun.

 

Ciri-ciri Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1.Ras kucing Exotic Shorthair memiliki tubuh yang pendek, bahu yang besar dan otot yang kuat.
2.Bobot tubuhnya bisa mencapai 3,5 kg – 6 kg.
3.Bulu kucing Exotic Shorthair pendek namun sedikit lebih panjang dibandingkan ras kucing shorthair lainnya.
4. Berbulu lembut, halus, tebal dan berdiri.
5. Bulu kucing Exotic Shorthair memiliki beragam corak dan pola warna ,

Shaded: Merupakan warna terang pada Kucing Persia hitam.
Smoke: corak warna gelap lebih dominan.
Solid color atau satu warna. Warna bulu dari ujung sampai pangkal sama.
Bicolor atau dua corak dan warna, misal putih dan paduan warna hitam, merah, dan krem.
Tricolor tiga warna atau calico, memiliki garis batas warna yang jelas.

6. Variasi warna bulu bisa putih, hitam, biru, krem, coklat, ungu muda, chinchilla, biru keemasan dan biru perak.
7. Bentuk kepala bulat dan besar, dahi lebar, pipi berisi , dan rahang kuat.|
8. Hidungnya pesek seperti kucing Persia.
9. Matanya bulat dan besar, warna matanya kuning, biru, tembaga dan keemasan.
10. Telinga kucing jenis Exotic Shorthair pendek dan kecil. Lehernya pendek dan tebal.
11. Kakinya pendek, lurus dan besar.
12. Ekornya tebal, berukuran pendek, ujungnya bulat dan melengkung ke bawah.

Cara merawat kucing eksotis berbulu pendek

Secara umum, Anda bisa mengikuti panduan merawat kucing Exotic Shorthair berikut ini:

1. Pilihkan makanan yang kaya vitamin dan nutrisi
2.Sikat bulu kucing dengan rajin setidaknya setiap dua minggu sekali.
3. Mandikan kucing secara teratur.
4. Perhatikan nutrisi dan vitamin pada kucing
5. Menyediakan makanan kucing berkualitas
6. Undang kucing untuk bermain.
7. Jaga kebersihan lingkungan kucing, seperti kandang, wadah makanan dan minuman, serta area bermain kucing.
8. Memberi cinta pada kucing.
9. Jangan tinggalkan kucing Anda sendirian untuk waktu yang lama karena ini dapat membuatnya cemas.
10. Agar sehat, keringkan kucing di pagi hari

 

Makanan Kucing Exotic Shorthair

Makanan merupakan faktor penting dalam pertumbuhan kucing. Ada beberapa jenis makanan kucing di pasaran. Tapi apakah itu tepat untuk kucing Anda?

Nutrisi yang tidak tepat akan menyebabkan kucing memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Mereka akan rentan terhadap serangan penyakit. Itu sebabnya kita harus memberi mereka asupan makanan yang baik.

Nah, makanan yang ideal untuk kucing exotic shorthair adalah ikan, daging, dan keju. Keju misalnya, makanan ini mengandung vitamin, protein dan zat pendukung lainnya. Cocok untuk asupan makanan dan nutrisi kucing.

Untuk pertumbuhan yang baik, Anda bisa memberinya ikan. Makanan ini memiliki kandungan asam amino dan protein yang baik. Namun, berikan mereka ikan secukupnya saja. Jangan terlalu sering memberi ikan. Hal ini karena terlalu sering memberi makan ikan tidak akan memenuhi kebutuhan vitamin E.

Sementara itu, Anda bisa memilih daging sebagai menu alternatif. Daging bisa membuat kucing lucu ini lebih aktif. Makan daging juga baik untuk meningkatkan nafsu makan mereka.

Ada banyak jenis daging yang bisa Anda berikan kepada mereka. Ada yang suka ayam, sapi, kelinci. Potong-potong dagingnya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada hewan yang menggemaskan ini.

Fakta Menarik Seputar Persia Exotic Shorthair

Ada banyak fakta menarik tentang Persia Exotic Shorthair ini. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis kucing yang mahal

Saat ini banyak sekali tempat di Indonesia yang menjual kucing eksotis berbulu pendek. Namun tahukah Anda bahwa kucing ini merupakan salah satu ras kucing yang mahal? Harganya bisa sampai Rp 2.000.000 hingga Rp 15.000.000 lho.

Perawatan rutin

Jika Anda mencari jenis kucing yang tidak rewel. ras ini cocok untuk ANda. Rambut mereka tidak panjang sehingga tidak perlu perawatan khusus. Anda tidak perlu repot menyisir dan menyisir setiap saat.

Hewan peliharaan keluarga

Secara umum, semua jenis kucing cocok untuk hewan peliharaan. Namun, kucing ini memiliki ciri khusus yang membuatnya lebih efisien. Selain mudah berkomunikasi dengan orang, mereka akrab dengan hewan peliharaan lainnya.

Kucing berukuran sedang

Bobotnya yang tidak terlalu besar membuat mereka masuk dalam kategori medium atau sedang. Meskipun mereka adalah ras sedang, tubuh mereka gempal dan agak gemuk. Bobotnya termasuk ringan.

Khusus exotic shorthair cocok untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Mudah diangkat atau dipeluk.

Wajahnya unik dan lucu.

Kepribadiannya yang lucu menjadi alasan mengapa banyak orang rela mengeluarkan uang hanya untuk mengadopsinya. Bentuk wajahnya juga unik. Bisa dibilang wajahnya berbeda dengan tipe kucing pada umumnya. Wajahnya yang datar, pesek erta matanya yang bulat adalah ciri khasnya.

Mudah ditemukan di Indonesia

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan kucing cantik dan unik ini. Karena pada dasarnya kucing ini mulai ada di Indonesia sebelum tahun 2005. Bahkan, pembiakan mereka di tanah air kini semakin banyak. Bagi yang ingin mendapatkannya, kini sangat mudah untuk menemukannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *