KUCING Maine coon, ciri khas dan cara merawat

7 Ciri Khas Kucing Maine Coon dan Cara Perawatan yang Benar

Ciri Khas Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang paling populer dan ras tertua di dunia. Harganya pun lumayan mahal.

Maine coon (American long hair) merupakan ras kucing asli, yang terbentuk alamiah di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Maine.  Kucing ini dipercaya nenek moyang dari Anggora dan juga Norwegian Forest. Kucing ini merupakan kucing keturunan asli dan tidak merupakan campuran atau persilangan dari kucing lainnya, meskipun ada mitos yang mengatakan bahwa  kucing ini dihasilkan dari perkawinan silang antara kucing setengah liar dengan racoon. Mitos ini ada karena warna dan bentuk ekor Maine coon mirip dengan ekor racoon. Itulah sebabnya nama ras kucing ini diambil dari tempat asalnya, yaitu Maine, dan Coon yang diambil dari racoon.

Kucing Maine Coon juga merupakan kucing yang berukuran besar dan memiliki bulu yang lebat. Bulu yang lebat ini membantu mereka tetap hangat dan bertahan  pada suhu udara yang ekstrem.

Kucing ini juga memiliki penciuman yang tajam dan juga insting berburu yang sangat kuat sejak lahir, ini dapat kita buktikan dengan melihat anak kucing ini mulai aktif berburu walupun masih kecil. Kucing Maine Coon memiliki ukuran berkisar 1 sampai 1 ½ meter dan memiliki bobot sekitar 7- 10 kg untuk ukuran dewasanya, dan memiliki bulu yang lebat dengan panjang bulu 5-7 cm.

Kucing maine coon ini juga sangat aktif dalam beberapa hal seperti bermain dan juga kucing maine coon ini sangat mudah akrab dengan pemiliknya.

ciri khas kucing maine coon
Jika di bandingkan dengan Kucing Persia, Kucing Maine Coon masih yang terbaik dari segi apapun. Namun untuk memiliki hewan cantik yang satu ini di Indonesia kita harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Di habitat aslinya,  kucing ini merupakan pemangsa yang sangat lincah, di habitat asli Kucing Maine Coon ini sangat gemar berburu tikus dan hewan mengerat lainnya.

Dalam beberapa kasus, banyak para penggemar kucing hampir tidak bisa membedakan antara  Kucing Maine Coon dengan kucing Norwegian Forest karena ciri yang hampir sama.  Kucing Maine Coon ini memeliki ciri-ciri yang sangat mudah dibedakan dan sangat mudah dikenali. Berikut kita akan belajar melihat ciri-ciri Kucing Maine Coon :

1. Badan yang Besar dan berisi

Kucing Maine coon memiliki badan yang besar dan sangat berisi, ini dapat kita lihat sekilas pada kucing maine coon ini.. Sering dijuluki sebagai kucing raksasa, atau giant cat

BACA JUGA:  Kucing Abyssinian, Mempesona, Anggun dan Eksotik

2. Bulu Maine coon tebal dan panjang

Kucing maine coon memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang, hampir di setiap badan kucing maine coon ini memiliki bulu yang panjang dan di bagian leher kucing ini terlihat seperti surai harimau. Ciri khas lain dari kucing maine coon ini adalah bulu ekornya yang cukup lebat dan sangat panjang yang menyerupai kemoceng.

3. Aktif dan lincah

Kucing Maine Coon sangat aktif dan lincah, tidak seperti kebanyakan kucing jenis lain,  kita sebut saja Anggora atau Persia yang memiliki kebiasan buruk, yaitu bermalas-malasan. Karakter aktif dan lincah ini dilihat dari kebiasaannya yang lebih sering berada di luar kandang daripada di dalam kandang. Menyediakan mainan adalah hal yang paling menyenangkan buat si kucing supaya dia lebih aktif.

4. Bulu yang sangat lembut dan tahan air

Kucing Maine Coon memiliki bulu yang sangat lembut dan tahan air, karena kucing ini merupkan kucing yang aslinya di desain untuk hidup di tempat yang beriklim dingin dan bersalju maka kucing ini memiliki bulu yang tahan air akibat dari proses alam. Hal itu juga yang menyebabkan kucing ini memiliki bulu yang sangat panjang dan sangat lebat karena didesain agar kucing tidak akan merasakan dingin di cuaca yang extrem.

5. Daya tahan tubuh yang kuat

Kucing Maine Coon tidak mudah sakit dan juga jarang terkena penyakit, kucing maine coon ini hampir tidak/jarang terkena penyakit, hal itu disebabkan oleh kekebalan tubuk kucing ini yang sangat kuat yang menjadikan maine coon ini sulit terkena penyakit seperti kucing lainnya.

6. Otot yang kuat

Kucing maine coon ini memiliki otot-otot yang kuat plus mata yang tajam. Orang tubuh ini didesain untuk kemampuan berburu yang cerdas dan memanjat di sekitar pepohonan.

7. Kucing Maine Coon, Kucing yang mandiri

Kucing maine coon memiliki sifat mandiri dan tidak manja. Dia lebih sering berada di sekitar tuannya, daripada di pangkuan seperti halnya kucing Persia.  Di alam liar, kucing Maine Coon ini merupakan kucing yang suka hidup sendiri dan berpetualang.

Kucing Maine Coon adalah kucing yang terkenal karena kecerdasan, kemampuan bermain, dan kecintaan mereka terhadap manusia. Merawat kucing Maine Coon dapat menjadi tugas yang menyenangkan. Namun, untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan kucing Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda menyediakan semua nutrisi, perawatan, dan perhatian yang diperlukan.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara merawat kucing Maine Coon dengan mudah dan efektif. Kami akan menjelaskan pentingnya pemberian makanan yang tepat untuk Kucing Maine Coon.

Cara Memberikan Makan Kucing Maine Coon yang Benar

 

cara memberi makan kucing maine coon yang benar
Merdeka

 

Makanan kucing Maine Coon harus diberikan dengan benar untuk menjaga kesehatan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan makan kucing Maine Coon yang benar:

1.  Beri Makanan yang sesuai dengan kebutuhannya

Beri makan kucing dengan jenis makanan yang dirancang khusus untuk ras Maine Coon. Makanan tersebut dapat membantu menjaga berat badan yang ideal dan kesehatan yang baik. Untuk menyokong posturnya yang gede dan tinggi, sediakanlah makanan dengan komposisi nutrisi yang ideal seperti di bawah ini:
Protein sekitar 52% (bisa dari ikan, daging ayam dan unggas lainnya atau dengan dry food berprotein tinggi.)
Lemak sekitar 35%. Lemak ini berfungsi menjaga bulunya tetap kemilau.
Karbohidrat sebesar 12.5 %. Dibutuhkan sebagai sumber energi bagi si maine coon saat bergerak dan bermain.

Jangan memberikan karbohidrat terlalu banyak dan terlalu sering karena bisa mengakibatkan obesitas. Sediakan dalam porsi yang kecil, dimakan beberapa kali dalam sehari.

Kadar karbohidrat yang berkisar 12,5 % cukup untuk memberikan energi yang diperlukan kucing Maine Coon untuk bermain dan berolahraga.  Bagi makanannya menjadi porsi kecil untuk beberapa kali makan dalam sehari, jika kucingnya gampang lapar dan makan terlalu cepat.

2. Hindari Free Feed

Sebaiknya jangan menggunakan metode free feed yang membentuk kebiasaan makan apa pun dan kapan pun, sehingga dapat memicu obesitas. Atur ritme dan jadwal makan kucing, jika perlu konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan solusi terbaik.Berikan makanan kucing terkontrol dan teratur. Jika Anda memberikan makan kucing terlalu sering, atau free feed; sehingga kucing akan terbiasa makan kapan pun dan apa saja. Bisa mengakibatkan obesitas.

3. Makanan yang Bervariasi

Berikan makanan yang bervariasi. Jangan hanya beri makan kucing Maine Coon dengan makanan secara teratur. Berikan juga secara bervariasi antara makanan kering, makanan basah, dan makanan buatan sendiri. Untuk menghindari kebosanan pada kucing maine coon. Berikan makanan bervariasi, misalnya
• Makan 3 kali sehari. Selang seling antara daging dengan dry food
• Berikan wet food (makanan basah) setiap 3-4 hari.

4. Makanan bersuhu normal

Jangan beri makan kucing Maine Coon dengan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Juga, jangan beri makan kucing dengan makanan yang beracun, seperti makanan manusia.

5. AIr minum yang segar dan matang

Beri minuman air yang segar dan matang setiap hari. Ini akan membantu kucing Maine Coon tetap sehat. Perhatikan tempat minumnya. Jangan biarkan ada bulu yang rontok jatuh ke dalam wadah air. wadah minum rentan dengan kotor. Jaga agar selalu bersih.

Itulah beberapa ciri khas kucing Maine Coon dan tips untuk memberikan makan kucing Maine Coon yang benar. Dengan mengikuti saran di atas, Anda akan membantu kucing Maine Coon Anda tetap sehat dan berkembang dengan baik.

Apakah Anda tertarik untuk memelihara dan merawat hewan exotis yang satu ini? namun jika anda ingin memlihara hewan yang satu ini Anda harus merogoh kocek hingga jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *